Jenis Alat musik Indonesia

Jenis Alat musik Indonesia

Jenis Alat musik IndonesiaJenis Alat musik Indonesia – Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai jenis seni budaya dan anekaragam suku bangsa. Setiap wilayah memiliki seni budaya yang di lestarikan nya penduduk nya masing – masing. Di lansir dari laman kinopoiska.

Salah satu seni nya adalah seni musik, musik adalah salah satu seni yang di miliki setiap daerah di indonesia. Seni ini di maiankan oleh penduduk dengan menggunakan alat yang bisa di anggap dengan alat seni music tradisional yang di ciptakan untuk menghasilkan musik yang sangat merdu.

musik di setiap daerah di gunakan atau di langsungkan pada upacara adat maupun pernikahan. Berikut salah satu contoh alat musik yang di indonesia :

Gong

Kamu tentu sudah tidak asing dengan alat musik tradisional gong. Gong merupakan salah satu alat musik tradisional Jawa Tengah. Gong termasuk ke dalam alat musik idiofon, yang maksudnya menghasilkan suara dari getaran keseluruhan alat musik itu sendiri.

Rebab
Alat musik tradisional yang berbentuk seperti busur panah ini bernama rebab. Rebab merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat. Kamu bisa memainkan alat musik rebab dengan di gesek seperti biola.

Kecapi

Kecapi termasuk sebagai alat musik kordofon. Kordofon merupakan alat musik yang mengeluarkan suara dari sebuah senar atau dawai. Kecapi sendiri merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sunda yang di mainkan sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda atau Mamaos Cianjuran dan Kacapi suling. Cara memainkan alat musik kecapi adalah dengan di petik bagian senarnya.

Kolintang

alat musik tradisional dari Minahasa, Sulawesi Utara, yang berbentuk segiempat trapesium dengan bilah-bilah kayu berukuran berbeda. Setiap bilah kayu akan menghasilkan suara berbeda pula jika di pukul. Karena itu, kolintang termasuk alat musik idiofon karena mengeluarkan suara dari getarannya sendiri.

Jenis Alat musik Indonesia

Rakyat Minahasa beranggapan bahwa nama kolintang berasal dari suaranya, yaitu tong (suara rendah), ting (suara tinggi), dan tang (suara umum). Tong ting tang beralih jadi kata kulintang agar mudah di lafalkan oleh penduduk Minahasa.

Bonang

alat musik tradisional dari Jawa Timur. Bonang sendiri terbuat dari bahan kuningan. Dan biasanya bonang di gunakan untuk memperingati upacara adat setempat. Bonang juga merupakan salah satu alat musik daerah asli Indonesia yang di gunakan dalam pagelaran gamelan.

Gendang

Sebetulnya di setiap daerah memiliki alat musik tradisional yang bentuknya menyerupai gendang. Dan biasanya memiliki nama-nama yang berbeda di setiap daerahnya. Namun gendang sendiri berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gendang juga merupakan salah satu alat musik yang di gunakan pada pagelaran musik gamelan. Alat musik gendang di mainkan dengan cara di pukul atau di ketuk pada bagian kulit yang ada di sisi kanan dan kiri alat musik.

Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional yang masih cukup sering di gunakan. Cukup banyak musisi yang menggunakan angklung layaknya sebuah orkestra.

Angklung terbuat dari bambu, dan kamu bisa memainkan alat musik tradisional ini dengan cara menggoyangkannya sampai bambu tersebut mengeluarkan suara akibat getaran.

About the Author

You may also like these